TUGAS PORTOFOLIO



Satuan Pendidikan
MA NU Hasyim Asy'ari 1 Kudus
Mata Pelajaran
Sejarah Peminatan
Kelas
XII IPS


Nama siswa
:   Lina Rahmawati
Tanggal Penilaian
:    21 September 2019
Semester
:    Ganjil
Tahun Ajaran
:    2019/2020
Kelompok
:    (D)
Anggota

1. Defa Rosiana

2. Dewi Wulandari

3. Faristin Noor Oktaviani

4. Lina Rahmawati

5. Maulida Fitri Maisun



Kompetensi dasar            
4.2    Menyajikan hasil analisis perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain

Indikator
4.2.1.    Dampak IPTEK dalam era globalisasi


Jenis Portofolio :
Individual dengan input dan bantuan kelompok kooperatif

Tujuan Portofolio :
Memantau perkembangan kemampuan, keterampilan, dan komunikasi


Rubrik Penilaian

Tugas
1. Kata Pengantar (paling sedikit 5 baris)
2. Pengertian "IPTEK" dan “Globalisasi” (tulis masing-masing 1 pendapat ahli)
3. Penjelasan "Dampak IPTEK dalam era globalisasi (paling sedikit 15 baris)
4. Kesimpulan pendapat individu "Dampak IPTEK dalam era globalisasi (paling sedikit 3 baris)
5. Kemukakan bukti relevan "Dampak IPTEK dalam era globalisasi(foto atau gambar bersama buku atau objek sejarah sebagai Ilmu)
6. Foto bersama Anggota Kelompok (dengan caption nama anggota kelompok)
7. Tulis Referensi tugas


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan anugrah dari-Nya kami dapat menyelesaikan tugas portofolio ini.
Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita semua jalan yang lurus berupa ajaran agama islam yang sempurna dan menjadi anugrah terbesar bagi seluruh alam semesta.
Saya akan menjelaskan tentang " Dampak Iptek dalam era globalisasi"

PENGERTIAN IPTEK DAN GLOBALISASI

Pendapat pertama IPTEK

Menurut Poerbahawadja Harahap

IPTEK adalah sebuah ilmu tentang teknik yang akan memacu kita mengetahui akan bidang industri. IPTEK adalah sebuah ilmu yang akan menjadikan kita lebih mampu untuk mengerjakan pekerjaan agar lebih praktis dan lebih mudah.

Pendapat pertama GLOBALISASI


Menurut Selo Soemardjan
Definisi globalisasi menurut Selo Soemardjan merupakan sebuah suatu proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antar masyarakat yang ada di seluruh dunia.



DAMPAK IPTEK DAN GLOBALISASI

Pengembangan iptek akibat arus Globalisasi dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Dalam bidang Informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat.Dari kemajuan ini dapat kita rasakan dampak positif dan negatifnya.
1.    Dampak positif
a)      Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
b)      Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain.
c)      Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet. Internet inilah yang paling berpengaruh dalam kemajuan Globalisasi.
d)     Kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa.
e)      peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh manifestasi Teknologi Informasi yang mudah dilihat di sekitar kita adalah pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat elektronis (email), ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database), dalam kegiatan ekonomi sudah dilakukannnya E-banking, E-comerce,E-shopping dan masih banyak lagi.
f)       Teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki kinerja dalam hal sarana pembelajaran. Karena seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah merasuk ke dalam kurikulum dunia pendidikan. Suatu hal yang tentunya menjadi gebrakan di dunia pendidikan dalam ajang peningkatan potensi pelajar. Selain itu gelombang kemajuan dan perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan telah membawa perubahan pada kehidupan dan gaya hidup pelajar yang lebih dinamis. Dengan adanya hal tersebut, maka pelajar senantiasa menghidupkan dan menyalurkan semangat untuk mengeksplorasi ilmu yang belum diketahui.

ma yang menyangkut pornografi.


PENDAPAT PRIBADI
DAMPAK IPTEK DAN GLOBALISASI

Positif - Ilmu pengetahuan dan berita mudah diakses (browsing) dan dapat berkomunikasi jarak jauh (call/message) dengan bantuan teknologi.
 Negatif - Teknologi cenderung bersifat adiktif, menimbulkan sifat individualistis bagi orang banyak (game/sosmed), dan merusak kesehatan.

BUKTI DAMPAK IPTEK DAN GLOBALISASI
(FOTO BERSAMA OBJEK)




Saya dengan buku Kelistrikan sepeda montor


FOTO BERSAMA ANGGOTA KELOMPOK





kiri 1. Defa, 2. Dewi, tengah Diva, kanan 1. Faristin 2. Lina


REFERENSI